Kunjungi Web Kami : Kantor Pusat | KB-TK | SD | SMP Surabaya | SMP Deltasari

Kurikulum SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo

Kurikulum


Kurikulum Operasional SMP Al Falah Deltasari disusun sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di SMP Al Falah Deltasari. Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) ini dikembangkan dengan mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah disusun secara Nasional kemudian diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran berdasar Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang sudah disusun. Penyusunan Kurikulum Operasional SMP Al Falah Deltasari ini mengakomodir kebutuhan para peserta didik mengembangkan kemampuan ketrampilan abad 21 yang meliputi integrasi PPK, literasi, 4C (Creative, Critical thinking, communicative, dan Collaborative), dan HOTS (Higher Order Thinking Skill). Pembelajaran di SMP Al Falah Deltasari yang terintegrasi dengan Profil Pelajar Pancasila secara umum bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik yang bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, bergotong royong dan kreatif, inovatif yang mampu mengkreasikan ide/ gagasan berdasarkan Al Qur’an dan Hadis serta kekhasan daerah yang tetap berakar pada budaya bangsa.

Berdasarkan analisis konteks yang dilakukan, SMP Al Falah Deltasari sebagai satuan pendidikan yang diminati mayoritas penduduk di kota sekitar, dengan potensi wilayah/letak yang strategis di tengah perkotaan memiliki beberapa kekuatan diantaranya:

  1. Input peserta didik berasal dari keluarga yang peduli terhadap pendidikan yang berorientasi pada akhlak dan prestasi melalui seleksi peserta didik baru.
  2. Lingkungan sekolah yang terletak di perumahan dan perkampungan yang memudahkan sekolah untuk melakukan koordinasi dan komunikasi baik masyarakat umum maupun alumni.
  3. Kultur masyarakat Waru dan Sidoarjo yang religius.
  4. Sarana prasarana yang lengkap dan representatif serta didukung oleh SDM yang profesional.
  5. Merupakan salah satu sekolah Islam rujukan di bidang prestasi akademik dan non akademis serta program ekstrakurikuler dan pembiasaan positif melalui budaya sekolah.
  6. Letak sekolah sangat strategis karena akses yang mudah dan dekat dengan fasilitas umum masyarakat.
  7. Dukungan dan jalinan kemitraan yang sinergis antara sekolah, wali murid, alumni dan dunia usaha dan dunia
keyboard_arrow_up