Kunjungi Web Kami : Kantor Pusat | KB-TK | SD | SMP Surabaya | SMP Deltasari

Kelas Inspirasi Hasilkan Kumpulan Cerpen

Awesome Image

Kelas Inspirasi Hasilkan Kumpulan Cerpen

Oleh M. Anshor Sja’roni

Gerakan literasi yang dicanangkan oleh pemerintah untuk meningkatkan daya baca siswa khususnya jenjang SMP perlu didukung dengan budaya literasi di sekolah. Budaya literasi itu tidak hanya berkutat pada membaca tetapi juga hadir dalam bentuk kegiatan menulis.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa keterampilan menulis sangat penting. Gagasan atau ide dari sebuah pemikiran akan bisa dikomunikasikan secara luas jika dituangkan dalam sebuah tulisan. Apalagi di era digital sekarang ini sebuah tulisan akan sangat mudah diterbitkan bahkan diposting melalui akun-akun media sosial atau media digital lainnya.

Atas dasar itulah SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo mengadakan kelas inspiratif yang dihelat pada Senin (12/9/2022). Kelas inspiratif diikuti oleh sebagian besar siswa kelas 8 yang tidak mengikuti geladi bersih Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Pada sesi pertama, para siswa menerima materi tips mudah dalam menulis. Materi disampaikan oleh Inayatul Kutsiyah, pustakawan SMP Al Falah Deltasari. Dalam pengantarnya Inayatul Kutsiyah mengatakan, menulis  merupakan  kemampuan  yang  perlu  dikembangkan  sejak  usia  dini.

“Kemampuan menulis masih menjadi kendala bagi siswa. Hal ini disebabkan minat baca  yang  kurang  optimal,” kata Inayah.

Budaya literasi utamanya terhadap karya sastra pada saat ini perlu digalakan kembali. Mengingat beberapa program pemerintah yang menyisipkan beberapa pengajaran terkait literasi banyak dikembangkan dan dilakukan di sekolah.

Target akhir dari kelas inspiratif ini adalah setiap siswa menghasilkan satu tulisan cerita pendek (Cerpen). Karena itu kepada mereka diberikan tips mudah menulis cerita. Pertama, mereka harus menemukan ide cerita. Dalam bahasa lain menemukan tema yang jelas memudahkan untuk memulai menulis.

Kedua, kenali target pembaca. Itu penting guna menentukan gaya tulisan atau cerita. Terakhir menentukan alur dan konflik yang dapat membuat tulisan menarik.

Usai menerima materi penulisan, para siswa diajak menuju perpustakaan. Di sana mereka diminta untuk membaca buku-buku cerita yang bisa memberi inspirasi. Novel, kumpulan cerpen, kumpulan cerita rakyat, dan buku-buku inspiratif yang banyak berada di rak perpustakaan SMP Al Falah Deltasari menjadi sumber ide mereka.

Dalam rentang waktu dua jam, mulai pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB, sebanyak 52 karya cerpen dihasilkan. Itu adalah hasil karya 52 siswa kelas 8. Berbagai jenis cerpen berhasil ditulis seperti fabel, dongeng, dan juga cerita realis. Rencanaya seluruh karya itu akan dikurasi dan dijadikan menjadi kumpulan cerpen.

 

Biodata Singkat:       

M. Anshor Sja’roni adalah guru di SMP Al Falah Deltasari – Sidoarjo. Beralamat rumah di Jln. Sarip RT 007 RW 002 Desa Tambak Oso Waru Sidoarjo. Alamat e-mail: [email protected]. Alamat media sosial Fb. M. Anshor Sja’roni, Twitter @anshor, IG @Sjaronian,  No. WA 088217353041.

Prev Next

Komentar

Belum ada komentar, jadilah pertama untuk berkomentar

Tinggalkan Komentar



keyboard_arrow_up