Kunjungi Web Kami : Kantor Pusat | KB-TK | SD | SMP Surabaya | SMP Deltasari

Meningkatkan Antusiasme Semangat Pemuda Melalui Permainan Bottle Flip (Pembelajaran PPKn)

Awesome Image

Pembelajaran PKN melalui permainan bottle flip untuk lebih memudahkan siswa memahami materi sumpah pemuda dan kebangkitan nasional bagi siswa kelas 8. Tujuan pembelajaran yg diperoleh dari metode pembelajaran ini yaitu secara langsung siswa dapat merasakan bagaimana pada masa kebangkitan nasional lahir berbagai macam organisasi pemuda yang tervisualisasikan melalui terbentuknya 3 kelompok dalam proses pembelajaran namun memiliki tujuan yang sama serta mengaplikasikan semangat sumpah pemuda melalui kekompakan serta antusias mereka dalam mempelajari materi tersebut. Berikut sintaks pembelajaran yang dilakukan:

  • Pembelajaran dimulai dengan guru mengintruksikan siswa untuk membentuk 3 kelompok. Sebelum masuk ke permainan guru menayangkan video mengenani proses terjadinya sumpah pemuda sebagai materi pemantik yang kemudian dilanjutkan dengan siswa dalam 1 kelompok harus mengenal asal usul anggota kelompoknya seperti nama, asal daerah, suku dsb sembari guru mapel menyiapkan peralatan bottle flip.
  • Guru menjelaskan rules permainan bottle flip dengan membagikan kertas berwarna (ungu, kuning, pink) berbeda bagi tiap kelompok sebagai identitas kelompok.
  • Guru menempelkan kurang lebih 25 pertanyaan yg berbeda dipapan tulis yang nantinya akan diperebutkan dan didiskusikan oleh tiap kelompok
  • Setiap kelompok secara bergiliran mengirimkan 1 perwakilan untuk berlomba  melakukan bottle flip
  • Kelompok yang berhasil melakukan bottle flip diperbolehkan untuk mengambil 1 pertanyaan yg ada dipapan tulis untuk didiskusikan dan menggantikannya dengan menempelkan kartu berwarna sebagai tanda seberapa banyak pertanyaan yang berhasil dijawab
  • Kelompok yang berhasil tic tac toe / dapat berhasil menjawab 3 pertanyaan dalam 1 garis sejajar akan mendapatkan poin tambahan
  • Hasil diskusi kelompok dituliskan dalam lembar hasil diskusi yang sudah guru mapel bagikan ke setiap kelompok dan setiap kelompok secara bergantian akan mempresentasikan hasil diskusinya serta kelompok lain bisa memberikan tanggapan yang diakhiri dengan menarik kesimpulan yang sama
  • Guru mapel memberikan penguatan setelah 3 kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.


Semoga bermanfaat.

Penulis : Ustazah Yulda (Pengajar Mata Pelajaran PPKn)

Prev Next

Komentar

Belum ada komentar, jadilah pertama untuk berkomentar

Tinggalkan Komentar



keyboard_arrow_up