Kunjungi Web Kami : Kantor Pusat | KB-TK | SD | SMP Surabaya | SMP Deltasari

Peringati Hari Santri, Seluruh Warga SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo Kenakan Seragam Khas Santri

Awesome Image

SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo menggelar peringatan Hari Santri pada Senin (23/10/2023). Seluruh siswa, guru, dan karyawan berpartisipasi dalam acara peringatan yang diwajibkan mengenakan seragam khas santri. Para siswa dan guru putra memakai sarung, baju koko putih, dan berpeci hitam, serta gamis putih dan kerudung hitam bagi siswa dan guru putri. Seluruh warga sekolah tampil dengan penuh kebanggaan dalam seragam ini, menggambarkan keindahan tradisi santri yang kaya akan nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan.

Acara peringatan dimulai dengan pelaksanaan shalat Duha, kemudian dilanjutkan dengan apel peringatan Hari Santri yang diadakan di lapangan sekolah. Apel dipimpin oleh Kepala SMP Al Falah Deltasari, Gatot Purwanto, yang menjelaskan makna dan pentingnya Hari Santri. Ia memaparkan makna kata santri dengan merinci setiap huruf yang menyusun kata tersebut.

“Jadi jika dirangkaikan, santri itu mempunyai makna harus menuju jalan akhirat, santri adalah generasi pengganti para guru atau ulama, santri harus mampu menjauhkan diri dari kemaksiatan, dan harus senang dalam hal kebaikan. Santri juga harus selalu mengharap keselamatan di dalam agama, dunia, dan akhirat,” paparnya dengan penuh semangat.

Salah satu siswa kelas 9.2, Carissa mengungkapkan rasa bangganya dan bersemangat dalam merayakan Hari Santri ini. “Kami, para siswa di SMP Al Falah Deltasari, juga para santri, karena kami juga menjalankan apa yang dipaparkan kepala sekolah tadi,” kata Carissa.

Sementara itu, Annura Wulanda Rini, Waka Kurikulum SMP Al Falah Deltasari merasakan perbedaan suasana yang spesial pada Hari Santri. Sejak pagi, ia melihat seluruh warga sekolah mengenakan seragam khas santri, yang membuat suasana sekolah terasa lebih teduh dan sejuk. Ia merasa bahwa sekolah ini seperti sebuah pesantren, dengan nilai-nilai spiritual yang sangat terasa saat peringatan Hari Santri ini.

“Usai apel peringatan Hari Santri, para siswa melanjutkan proses belajar mengajar seperti biasanya, tetapi mereka tetap memakai seragam khas santri sebagai tanda penghormatan kepada semangat perjuangan para santri di masa lalu. Peringatan Hari Santri di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo adalah bukti nyata bahwa nilai-nilai santri tetap dijunjung tinggi dan dilestarikan dalam dunia pendidikan modern,” kata Annura. (M. Anshor Sya'roni S.Sos., M.Pd)

Prev Next

Komentar

Belum ada komentar, jadilah pertama untuk berkomentar

Tinggalkan Komentar



keyboard_arrow_up