Kunjungi Web Kami : Kantor Pusat | KB-TK | SD | SMP Surabaya | SMP Deltasari

Kesopanan & Keramahan Mendapat Nilai Tertinggi dalam Indeks Kepuasan Wali Murid SMP Al Falah Delta

Awesome Image

 

 

SMP Al Falah Deltasari yang mengelola di bidang pendidikan merupakan bagian dari pelayanan publik di bidang jasa. Siapapun yang terlibat dalam hal ini, pasti ada pihak yang dilayani yang disebut pelanggan dan secara spesifik pelanggan sebuah lembaga pendidikan disebut wali murid.

Wali murid bagi sebuah lembaga pendidikan merupakan komponen yang sangat penting dan harus terus dijaga serta dipertahankan keberadaannya. Nah, agar wali murid tetap mau bertahan dan bahkan loyal terhadap lembaga pendidikan tertentu, maka hal tersebut merupakan tanggung jawab pengelola untuk selalu memberikan dan melayani wali murid sesuai dengan apa yang diharapkan atau dengan kata lain kepuasan.

Memberikan kepuasan terhadap wali murid, memang harus diberikan, masalahnya adalah apakah pelayanan yang diberikan oleh SMP Al Falah Deltasari selama ini sudah termasuk dalam kategori memuaskan atau belum? Perlu ada ukuran-ukuran yang jelas yang didukung oleh data-data yang akurat.

Pengukuran kepuasan wali murid merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif. Apabila wali murid merasa tidak puas terhadap pelayanan sekolah, maka pelayanan tersebut dapat dikatakan tidak efektif.

Tingkat kepuasan wali murid terhadap pelayanan merupakan faktor yang penting dalam mengembangkan suatu sistem penyediaan pelayanan yang tanggap terhadap kebutuhan wali murid.

Menjaga kepuasan pelanggan adalah bak menaburkan benih yang sehat. Perusahaan akan menuai laba pada saatnya (Irawan, 2008:9).

Wali murid yang puas akan siap membayar dengan harga yang lebih. Mereka akan menyebar nilai positif sekolah, sehingga biaya marketing atau iklan jauh lebih efektif dan lebih murah, bahkan mereka akan dengan senang hati merekomendasikan siapa saja untuk menyekolahkan putranya di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo.

Atas dasar itulah, peneliti melakukan penelitian guna menganalisis seberapa tinggi kepuasan wali murid terhadap pelayanan yang selama ini diberikan oleh SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo. 

Ruang Lingkup Penelitian

Dalam penelitian ini, peneliti membatasi ruang lingkup yang akan diteliti supaya tidak melebar. Berdasarkan beberapa sumber yang peneliti baca, 14 unsur berikut ini sudah cukup mewakili indeks kepuasan wali murid, diantaranya adalah: kualitas produk (lulusan), kualitas pembelajaran, prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan & keramahan petugas pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan, keamanan pelayanan. 

Metodologi Penelitian

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan seluruh wali murid SMP Al Falah Deltasari sebanyak 228 orang sebagai populasi, sedangkan sampelnya peneliti ambil sebanyak 188 (82,46%) dari populasi, hal ini sudah memenuhi batas minimal pengambilan jumlah sampel berdasarkan tabel Krecjie. Pada tabel tersebut menjelaskan bahwa untuk populasi sebanyak 228 orang, maka jumlah sampel minimal yang harus diambil adalah 171 responden dengan margin error 1%, sehingga dengan sampel sejumlah 188 sudah lebih dari batas minimal. Dengan demikian hasil penelitian ini sudah bisa dijadikan acuan untuk mengambil kesimpulan secara keseluruhan dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner tentang kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang dibuat di google form dan disebar ke responden secara online melalui group WA wali kelas mulai tanggal 5-10 Januari 2024.

Pernyataan dalam angket ini terdiri dari 76 item yang semuanya bersifat favorable atau penyebaran yang memihak, disusun berdasarkan empat respon kepuasan pada kinerja, yaitu: (1) Buruk Sekali/ Tidak Setuju (interval IKP 1,00-1,75 atau 25,00 – 43,75), (2) Kurang Baik/ Kurang Setuju (interval IKP 1,76-2,50 atau 43,76 – 62,50), (3) Baik/ Setuju (interval IKP 2,51-3,25 atau 62,51 – 81,25), dan (4) Sangat Baik/ Sangat Setuju (interval IKP 3,26-4,00 atau 81,26 – 100,00).

Sistem kategori empat alternatif jawaban tanpa mencantumkan alternatif jawaban netral (cukup) bertujuan untuk menghindari central tendency effect atau kecenderungan subjek untuk memilih alternatif jawaban netral (cukup) jika subjek ragu-ragu untuk memberikan jawaban. 

Hasil Penelitian

Berdasarkan data hasil penelitian di lapangan secara umum kepuasan wali murid terhadap kualitas pelayanan sekolah mencapai 84,23 dengan kata lain kualitas pelayanan SMP Al Falah Deltasari dinilai sangat baik atau dalam kategori A.

Gambaran Tingkat kepuasan wali murid terhadap kualitas pelayanan yang telah diperoleh melalui penelitian, sebagai berikut:

Kesopanan & Keramahan 87,54 (A), Tanggung Jawab 87,03 (A), Kenyamanan Lingkungan 86,92 (A), Kepastian Jadwal Pelayanan 86,17 (A), Keamanan Lingkungan 86,08 (A), Keadilan Pelayanan 85,90 (A), Kedisiplinan Pegawai 85,59 (A), Kemampuan Pegawai 85,49 (A),  Kualitas Lulusan 85,45 (A), Kualitas Pembelajaran 85,45 (A), Persyaratan Pelayanan 85,31 (A), Prosedur Pelayanan 85,30 (A), Kecepatan Pelayanan 85,20 (A), Kejelasan Pegawai 80,85 (B).

Terlihat dari data di atas ternyata dari 14 unsur pelayanan semuanya memiliki indeks kepuasan pelanggan berkategori sangat baik (A), kecuali pada unsur kejelasan petugas memiliki kategori baik (B). Sementara itu, unsur Kesopanan & Keramahan merupakan unsur dengan nilai tertinggi dengan rata-rata kinerja pelayanan sebesar 87,54 (sangat baik), hal ini sesuai dengan motto sekolah yaitu berakhlak mulia dan berprestasi. (Zn)

 

 

Prev Next

Komentar

Belum ada komentar, jadilah pertama untuk berkomentar

Tinggalkan Komentar



keyboard_arrow_up