Kunjungi Web Kami : Kantor Pusat | KB-TK | SD | SMP Surabaya | SMP Deltasari

Ujian Portofolio, Tantangan Baru dan Menyenangkan bagi Siswa SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo

Awesome Image

Editor: Gagah Saputra

KabarBaik.co – Para siswa kelas 9 SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo menghadapi ujian portofolio sebagai bagian dari rangkaian ujian sekolah. Dengan penuh semangat, mereka menjalani ujian selama dua hari berturut-turut, Senin dan Selasa (18-19/3), di ballroom sekolah.

Ujian portofolio ini menjadi salah satu syarat penting untuk mencapai kelulusan. Sebelumnya, para siswa telah menjalani ujian praktik yang meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di sekolah yaitu IPA, IPS, PKN, BTQ, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jawa, SBK, PAI, TIK, Prakarya dan PJOK. Dalam ujian praktik tersebut, mereka diminta untuk menunjukkan keterampilan spesifik sesuai dengan masing-masing mata pelajaran.

Masing-masing siswa kemudian menyusun hasil karya dan dokumentasi dari ujian praktik tersebut menjadi satu laporan portofolio. Laporan ini tidak hanya sekadar mengumpulkan informasi, tetapi juga mencerminkan perkembangan kemampuan siswa selama periode ujian praktik. Portofolio yang disusun dengan baik kemudian dipresentasikan di depan dewan guru penilai dan seluruh siswa kelas 9.

Waka Kurikulum SMP Al Falah Deltasari, Al Musta’anu menyatakan, tujuan dari ujian portofolio ini adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan siswa secara holistik, termasuk aspek kreativitas, penerapan pengetahuan, dan keterampilan komunikasi. Dalam pelaksanaannya, harapan dari sekolah adalah agar para siswa dapat mempresentasikan portofolio mereka dengan percaya diri dan mampu menjelaskan setiap elemen yang terdapat di dalamnya.

“Tujuan dari ujian ini adalah untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang perkembangan belajar siswa. Kami ingin melihat bagaimana perkembangan mereka dari sisi kognitif, afektif, dan psikomotorik,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, ujian portofolio juga menjadi ajang bagi siswa untuk belajar berani berbicara di depan umum. Setiap siswa diharapkan mempersiapkan presentasi dengan menggunakan media seperti PowerPoint dan menjelaskan hasil portofolio mereka secara komprehensif.

Satriyo Basuki, salah satu siswa dari kelas 9.1, usai presentasi mengungkapkan kesan positifnya terhadap ujian portofolio kali ini.

“Saya sangat senang dengan ujian praktik, terutama saat praktik cara penyembelihan hewan yang sesuai dalam ajaran agama Islam. Dan saat ujian portofolio saya sampaikan hal itu dalam presentasi,” kata Satriyo dengan antusias.

Selain menjadi momen evaluasi akademik, ujian portofolio juga menjadi peluang bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan berbicara di depan publik serta meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Siti Roichatul Djannah, salah satu guru penilai sekaligus koordinator ujian portofolio mengatakan, dengan semangat dan kerja keras selama ujian praktik dan presentasi portofolio, para siswa kelas 9 SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo siap menghadapi tantangan berikutnya dalam perjalanan pendidikan mereka.

“Dengan suksesnya pelaksanaan ujian portofolio ini, diharapkan para siswa dapat melampaui batas kemampuan mereka sendiri dan siap menghadapi tantangan di tingkat pendidikan yang lebih tinggi serta di masyarakat. Ujian portofolio ini juga menjadi bukti nyata bahwa pendidikan di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo tidak hanya fokus pada penguasaan materi, tetapi juga pada pengembangan keterampilan serta karakter siswa secara menyeluruh,” ungkapnya.(*)

 

Prev Next

Komentar

Belum ada komentar, jadilah pertama untuk berkomentar

Tinggalkan Komentar



keyboard_arrow_up